Diet Ketofastosis

Dapat ilmu baru terkait diet, namanya keto-fastosis, gabungan diet keto dibarengi puasa ala OCD. Testimoni menjadi kurus bertabur di grup fesbuk, tapi dengan resiko adanya healing crisis (hc) yg cukup bikin jiper.

Inti diet ini adalah merubah bahan bakar tubuh kita dari glukosa ke keton. Glukosa didapat dari gula dan karbohidrat sedangkan keton didapat dari lemak. Bagaimana tubuh kita bisa menswitch bahan bakarnya? Dijelaskan oleh para pendahulu ketofastosis begini, untuk mencapai taraf ketogenesis (istilah bagi orang yg tubuhnya sudah memakai keton sebagai bahan bakar) ada 3 tahap yg harus dilalui :

  1. Fase induksi, adalah fase dimana tubuh kita diminimalkan kandungan gula darahnya dengan cara tidak mengkonsumsi karbo dan gula dengan komposisi makanan berupa 80% lemak dan 20% protein. Dalam fase ini kita hanya mengkonsumsi produk hewani saja, fase ini berakhir ketika gula darah puasa (gdp) kita ada di angka maksimal 80
  2. Fase Konsolidasi, adalah fase lanjutan ketika gdp sudah dibawah 80 dan kita tetap konsisten dengan pola makan 80% lemak dan 20% protein, dalam fase ini konsumsi karbo dapat ditolerir sampa maksimal 5% dan kita boleh memakan produk nabati dalam jumlah dan jenis sangat terbatas.
  3. Fase maintenance, fase pemeliharaan

Konsep dietnya secara teknis sama dengan OCD namun pada jendela makan hanya mengkonsumsi makanan dengan pola lemak dan protein seperti dijelaskan di atas. Satu lagi yg berbeda yaitu adanya asupan virgin coconut oil (VCO) saat jendela puasa dan konsumsi garam untuk mencegah efek dehidrasi dan hc.

Banyak pro dan kontra, tapi tidak ada salahnya dicoba…. Toh gagal diet bukan aib, biasanya hanya masalah niat dan tekad saja, niat kuat tekad tak ada akhirnya nekad makan banyak…. Gemuk? Ga masalah juga… Udah pengalaman gemuk 20 tahunan kok
Bintaro, 26 juli 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s